HIV/AIDS Mengintai Hidup Manusia

Oleh : Abraham Raubun

 

Penyakit yang satu ii merupakan fenomena gunung es kecil tampak dipermukaan, tapi besar di dalamnya. Satu penderita diketahui, diperkirakan sebenarnya suda ada sekitar 200 penderita yang tidak diketahui. Penyebabnya ? Virus yang menyebar karen aulah dan perilaku manusia sendiri. sebagian besar penularan melalui hubungan heteroseksual (berganti-ganti pasangan).

Human Immunodeficiency Virus (HIV) menyerang ketahanan tubuh manusia. JIka tubuh sudah hilang kekebalan maka disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), Penderita dalam istilah kesehatan disebut ODA (orang dengan AIDS).

Di Indonesia pada tahun 2000 diperkirakan 2.5 juta orang terkena HIV. sekitar 200ribu sampai 550 ribu anak menjadi yatim piatu karena HIV. Jumlah ini semakin hari semakin meningkat. Remaja adalah kelompok yang beresiko tinggi. karena banyak yang melakukan hubungan sexual secara aktif dan sering tidak menggunakan alat pencegahan. selain itu di Indonesia masih banyak wanita yang kawin muda. makin muda usia seorang wanita melkukan hubungan sex, makin besar terinfeksi.

Ada 3 cara penularan infeksi HIV :

1. Melalui hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung

2. Melalui transfusi darah atau alat suntik atau alat tusuk lain yang tidak steril dan terinfeksi

3.Wanita hamil yang menularkan kepada janin dalam kandungannya

Bagaimana cara mengetahui seseorang terkenaHIV? cara satu satunya adalah melalui pemeriksaan darah. Namun sebelum/sesudah pemeriksaan perlu dilakukan konseling untuk mempersiapkan sesorang dengan pengetahuan dan sikap dalam menghadapi kemungkinan adanya HIV.

Dapatkah penyakit HIV/AIDS ini disemuhkan ? sampai saat ini belum ditemukan vaksin atau obat unutk penyakit ini. Cara terbaik adalah menghindarinya dengan tetap setia pada masing masing pasangan hidup, berperilakuk seks yang bertanggung jawab dengan sellau menggunakan alat pelindung seperti : kondom. selain mencegah kehamilan kondom juga mencegah penularan penyakit seksual dan infeksi HIV/AIDS.

Yang perlu diingat bahwa HIV/AIDS tidak bisa menular karena berpelukan, berpegangan tangan, berenang dengan ODA atau melalui batuk, air mata, keringat, memakai piring dan gelas yang sama dan gigitan nyamuk. selain itu ODA perlu diperlkaukan sama seperti orang biasa dan diberi dorongan semangat.