Hidup Dalam Lindungan Tuhan

Mazmur91 : 1-16

Ketika kita dalam situasi bahaya apa yang paling kita butuhkan ? jawabannya pasti kita butuh perlindungan. Mazmur 91 ini adalah satu mazmur yang berisikan tentang janji perlindungan Tuhan bagi orang percaya.  Keamanan, ketenangan dan kedamaian adalah dambaan semua insan di dunia ini.  Namun, adakah tempat di mana seseorang dapat terlindungi dengan aman?  Tidak ada tempat di belahan bumi mana pun yang dapat menjamin seseorang merasa aman dan terlindungi. Seorang Presiden,  Pejaba Tinggi Negara atau artis bias saja punya pengawal bersenjata yang menyertainya kemana saja mereka pergi bertugas; orang kaya boleh saja memiliki satpam yang berjaga-jaga selama 24 jam di rumahnya, namun tidak bias menjamin keamanan mereka 100%  karena bagaimanapun juga para pengawal adalah manusia biasa yang terbatas kekuatan dan kemampuannya.

Pemazmur berkata,  “Jikalau bukanTuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.”  (Mazmur 127:1b).  Satu-satunya Pribadi yang dapat memberikan perlindungan yang sempurna, sehingga kita akan merasa aman, tenang dan damai adalah Tuhan.  Tidak ada yang lain!  Memang, Tuhan tidak pernah berjanji perjalanan hidup kita tidak akan terlepas dari masalah, tantangan dan pergumulan, tapi Ia berjanji akan senantiasa menyertai kita, menopang, menguatkan, melindungi dan member pertolongan saat kita diperhadapkan dengan semuanya itu.

Jadi perlindungan yang sempurna akan dialami oleh orang-orang yang senantiasa mengandalkan Tuhan dalam hidupnya.  Perlindungan adalah satu bagian berkat yang Tuhan sediakan.  “Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan!”  (Yeremia 17:7), sebaliknya, “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh daripadaTuhan!”  (Yeremia 17:5),

Dari pembacaandi MazmurPasal 91 ada 3 hal yang perlu kita diingat jika mau hidup kita dilindungi oleh Tuhan :

  1. Ajakan menyerahkan diri padaTuhan (ayat 1-2)

Dalam 2 ayat tersebut terdapat kata kata ajakan untuk mengakui bahwa Allah adalah Yang Mahatinggi dan Yang Mahakuasa.Mahatinggi berarti kedudukan Allah dan Mahakuasa berarti Allah berperan /  turut campur dalam segala hal. Dan sebagai orang percaya kita harus selalu untuk menyerahkan hidup kita dalam Tuhan dan percaya bahwa firman Allah tidak berubah dari dulu sekarang dan selamanya.

  1. Kata peneguhan bagi yang percaya (ayat 3-13)

Ancaman,  kemalangan,  bencana,  penyakit, perang, kaum jahat  yang kita alami bias mendatangkan ketakutan bagi kita. Jangan panik, tetaplah tenang dan berharaplah padaTuhan. Jadikanlah Allah sebagai tempat kita bernaung, Allah yang murah hati dan penyanyang selalu menolong kita lebih dari yang kita sadari. Yakinlah bahwa perlindungan Tuhan selalu nyata di dalam setiap langkah hidup kita.

  1. Janji keselamatan (ayat 14-16)

Janji ini berlaku bagi orang yang menyerahkan diri padaTuhan. Janji untuk meluputkan jikalau hati kita selalu melekat padaTuhan, jika kita berseru Tuhan berjanji untuk menyertai, dan janji panjang umur supaya adanya kesalamatan dari Tuhan. Ini adalah janji Tuhan bagi kita sebagai umat percaya untuk selalu hidup dalam lindungan Tuhan.

Akhirnya, mari Jemaat Poukli tingkatkan persekutuan pribadi kita dengan Tuhan dan kita harus memiliki iman, tetap berharap dalam segala hal dan dengan terus mengasihi sesame karena itu

Adalah salah satu wujud kasih kita kepada Allah. Selamat hidup dalam lindungan Allah. Imanuel Amin